Peningkatan Personal Growth Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Tema Gaya Komunikasi
Abstract
The purpose of the research was to know increasement of personal growth through group guidance discussion technique theme of communication style. The method used in this study was quasi-experimental design of non equivalent control group design. The research subjects used an experimental group of 10 people and a control group of 10 people. Data collection techniques used a personal growth scale. The results showed that personal growth new college students could be improved through group guidance discussion technique theme of communication style, this was shown through the Mann Whitney Test results. The results of the statistical analysis showed that the value (Sig) was 0.000 < 0.05, so the conclusion is that personal growth can be increased using the group guidance discussion technique theme of communication style on New College Students Guidance and Counseling FKIP Lampung University 2018.
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan personal growth melalui bimbingan kelompok teknik diskusi tema gaya komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi exsperiment desain non equivalent control group design. Subjek penelitian menggunakan kelompok eksperimen sebanyak 10 orang dan kelompok kontrol sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala personal growth. Hasil penelitian menunjukan bahwa personal growth mahasiswa baru dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok teknik diskusi tema gaya komunikasi, hal ini ditunjukkan melalui hasil Uji Mann Whitney. Hasil analisis statistik menunjukan nilai (Sig) 0,000 < 0,05, jadi kesimpulannya adalah personal growth dapat ditingkatkan menggunakan bimbingan kelompok teknik diskusi tema gaya komunikasi pada mahasiswa baru Bimbingan & Konseling FKIP Universitas Lampung 2018.
Kata kunci: bimbingan kelompok, gaya komunikasi, pertumbuhan pribadi
Full Text:
PDFReferences
Ahkam, M. 2004. Hubungan Antara Efikasi-Diri Dan Religiusitas Dengan Kemampuan Penyesuaian Diri Mahasiswa. Tesis (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Aswida, W. 2012. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 1 Nomor 1. Diambil dari https://download.garuda.ristekd ikti.go.id/article.php?...Efektifit as%20Layanan%20Bimbinga.... Diakses pada Januari 2012.
Augesti. 2015. Perbedaan Tingkat Stres Antara Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal MAJORITY. Vol 4 No 4. Diambil dari https://pdfs.semanticscholar.or g/6bf0/175861062f459bd2e62 a62118f0af58f2647.pdf. Diakses pada Februari 2015.
Corey. 2012. Theory and Practice of Group Counseling. 8th Edition. Belmont, CA: Brook/ColeCengage Learning.
Elfira, N. 2013. Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2 Nomor 1. Diambil dari https://ejournal.unp.ac.id. Diakses pada Januari 2013.
Estiane, U. 2015. Pengaruh Dukungan Sosial Sahabat Terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Volome 4 No 1. Diambil dari http://www.journal.unair.ac.id /download-fullpapers jpkk87072a2352full.pdf. Diakses pada April 2015.
Harnes. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII D Smp Negeri 1 Ngariboyo. Jurnal BK UNESA. Vol. 3 (1) 216- 224. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa. ac.id/index.php/jurnal-bkunesa/article/view/3366
Indrianie, E. 2012. Culture Adjustment Training untuk Mengatasi Culture Shock pada Mahasiswa Baru yang Berasal dari Luar Jawa Barat. Jurnal Insan. Volume 14 Nomor 03. Diambil dari https://journal.unair.ac.id/dow nload-fullpapers-14-3-2.pdf. Diakses pada Desember 2012.
Jacobs. 2012. Group Counseling: Strategies and Skills. 7th Edition. Belmont, CA: Brook/Cole-Cengage Learning.
Nelson, J. Ron dan Dykeman, Cass. 1996. The effects of a group counseling intervention on students with behavioral adjustment problems. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Norton, R. 1983. Communicator Style: Theory, Applications and Measures. Beverly Hills, California: Sage.
Rizkina, M. 2013. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Diskusi Kelompok melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII E di Smpn I9 Semarang. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 2 Nomor 3. Diambil dari https://lib.unnes.ac.id/17319/1/ 1301408046.pdf. Diakses pada September 2013.
Ryff, C. D. 2014. Psychological WellBeing resvisited: Advancesin the science and practice of Eudaimonia. Ppsychother psychosom, 83,10-28.
Santrock. 2007. Remaja. Jakarta: Erlangga.
Schmied, V. dan Tully, L. 2009. Effective Strategies and Interventions for Adolescents in a Child Protection Context : Literature Review. Ashfield, N. S. W. NSW Dept. Of Community Services.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supriyanto S. 2015. Hubungan Antara Selfregulated Learning Dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Semester Pertama Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya. Volume 2. Diambil dari https://www.upj.ac.id/userfiles /files/4%20HUBUNGAN%20 ANTARA%20SELF.pdf . Diakses pada Maret 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.