Peningkatan Hubungan Interpersonal Menggunakan Teknik Sosiodrama
Abstract
The purpose of this study is to determine the use of sociodrama techniques in improving interpersonal relationships of tenth grade students at MA Darul A'malMetro academic year 2018/2019. One Group Pretest-Posttest is used as a research design. The subjects of this study were 6 students. The data collection technique in this study uses the scale of interpersonal relationships. The results of data analysis using the Wilcoxon different test, obtained z count = -2.201 the results are less than z table = 1.645, and also shows an increase of 17.6%, then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a significant increase in interpersonal relations before and after being given a group counseling with sociodrama techniques.
Tujuannya penelitian ini untuk mengetahui penggunaan teknik sosiodrama dalam meningkatkan hubungan interpersonal pada siswa kelas X MA Darul A’mal Metro tahun pelajaran 2018/2019. One Group Pretest-Posttest digunakan sebagai design penelitian. Subjek penelitian ini sebanyak 6 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala hubungan interpersonal. Hasil analisis data menggunakan uji beda Wilcoxon, diperoleh z hitung = -2.201 hasilnya kurang dari z tabel= 1.645, dan juga menunjukkan peningkatan sebasar 17,6%, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ternyata terdapat peningkatan yang signifikan pada hubungan interpersonal sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama.
Kata kunci: konseling kelompok, teknik sosiodrama, hubungan interpersonal.
Full Text:
PDFReferences
Frigana, I. S. A. 2002. Upaya Peningkatan Hubungan Interpersonal Melalui Sosiodrama Pada Siswa Kelas X. 1 Administrasi Perkantoran SMK Sudirman 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: Universirsitas Negeri Yogyakarta. Jurnal UNY Vol. 3 No. 1.
Karlina, D. 2016. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Sosiodrama Tehadap Hubungan Interpersonal Siswa Kelas X SMA Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol. 1 No. 2.
Kartini, T. 2007. Penggunaan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas X SMA Cileunyi 1 Kecamatan Cileunyi Bandung. Vol. 3 No. 1.
Megawati, E. 2015. Peningkatan Komunikasi Antarpribadi Pada Siswa Dengan Menggunakan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas XI SMK Yadikarta. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 1.
Munir, F .2017.Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Virus di SMA Azhariyah Palembang. Jurnal Edutech Vol.1 No. 3.
Novianti, D. S. 2015. Pengaruh Penerapan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Prilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. Jurnal Edutech Vol. 1 No. 3.
Prayitno & Erman. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka cipta.
Sari, Brilianta, Rahmawati. 2015, Tingkat psikologis pada remaja panti sosial bina remaja yogyakarta. Jurnal UNY Vol. 3 No. 1.
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alpabeta.
Tanujaya, W. (2014). Praktik Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 45 Jakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan Konseling Vol. 1 No. 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.