Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII

Lisa Fatmala, Yusmansyah Yusmansyah, Redi Eka Andrianto

Abstract


The problem of this research was students’ learning achievement. This research was aimed to find out the relationship between self confident and students’ learning achievement. This research was a quantitative research. The population of this research was 240 students and the sample were 48 students and those were taken by using simple random sampling. Data collecting technique used were self confident scale and the documentation of students’ report score. The data analysis used was correlation product moment. The result showed that there is a positive and significant relationship between self confident and students’ learning achievement with r-value =0.743 > r-table=0.284 with the signification 0.05 so H0 is rejected and Ha is accepted. In conclusion, there is a positive and significant relationship between self confident and students’ learning achievement.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Prestasi Belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 240 siswa dan sampel penelitian berjumlah 48 siswa diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepercayaann diri  dan Dokumentasi Nilai raport siswa. Teknik  analisis data menggunakan korelasi Product Moment.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dengan nilai korelasi rhitung=0.743 > rtabel=0.284 pada taraf signifikasi 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa.

Kata kunci: bimbingan konseling, kepercayaan diri, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2010. Hubungan Perhatian Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 80/1 Rengas Condong Kabupaten Batanghari. Universitas Jambi (https://campus.fkip.unja.ac.id%2Feskripsi%2Fdata%2Fpdf%2Fjurnal_mhs%2Fartikel%2FA1D109161 110 diakses pada 15 Maret 2018)

Anthony. 2013. Kepercayaan Diri (Self Confident) Ditinjau Dari Posisi Urutan Kelahiran (Birth Order) Terhadap Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang: UIN Malang. (https:// Fetheses.uin-malang.ac.id%2F1847%2F6%2F09410074_ejournal diakses pada 22 Juli 2018) Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghufron & Risnawati. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogyakarta : Ar-ruzz Media.

Gunawan 2005. Meningkatkan kepercayaan diri remaja melalui konseling kelompok. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Psikopedagogia. Vol. 5, No. 3 44-46 (http://jurnal.uii.ac.id/Psikologika/article/viewFile/8466/7192 diakses pada 1 September 2018).

Hakim, Thursan. 2002. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Dukungan Keluarga Dengan Kesiapan Menghadapi Masa Menopause. Surakarta:Universitas Muhammadiyah Surakarta (http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/465 diakses pada 20 September 2018)

Hall. 2001. Hubungan Antara Unteraksi Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Ketapang Tahun Ajaran 2016/201. Bandar Lampung: Universitas Lampung (https://Fdigilib.unila.ac.id%2F30839%2F3%2FSKRIPSI%2520EJOURNAL diakses pada 15 Maret 2018)

Parson. 2007. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Dan Perencanaan Karir Siswa. Surakarta. Universitas Ahmad Dahlan. Psikopedagogia. Vol. 5, No. 1 (http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/view/4474/2602 diakses pada 13 September 2018)

Rakhmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Vol. 5, No. 1 40-44 Universitas Negeri Padang (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/729 diakses pada 02 Agustus 2018)

Risnawita Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Vol 37, No 1 (https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7696 diakses pada 28 Juli 2018)

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Remaja. Semarang. Jurnal Psikologi. Vol 5 No.1.47-48 Universitas Islam Sultan Agung (http://fpsi.unissula.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=101&Itemid=110 diakses pada 5 Juli 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.