Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Siswa
Abstract
The research problem was to investigate whether game technique of group guidance could be used to improve the students’ emotion regulation ability. This research aimed to find out the use of game technique of group guidance to improve the students’ emotion regulation ability at Class X MIA of SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara Lampung Timur Academic Year 2017/2018. Quasi experimental class was used in this research, and the design of this research was time series design. The subject of this research ware eight students who had lack of emotion regulation ability. The data were obtained by using emotion regulation scale. The Wilcoxon Matched Pairs Test was used in this research to calculate the data. The result showed that z-value = -2.527 < z-table = 1.645, it meant that Ho was rejected and Ha was accepted. It couls be concluded that game technique of group guidance could be used to improve the students’ ability in emotion regulation.
Permasalahan penelitian adalah Apakah layanan bimbingan kelompok teknik permainan dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok teknik permainan dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi siswa pada kelas X MIA SMA Muhammadiyah 1Way Jepara Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan time series design. Subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa yang memiliki kemampuan regulasi emosi rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala regulasi emosi. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan dengan menggunakan analisis data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test, diperoleh zhitung= -2,527<ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah layanan bimbingan kelompok teknik permainan dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi pada siswa.
Kata kunci: bimbingan konseling, regulasi emosi, teknik permainan
Full Text:
PDFReferences
Adiyanti, M. 2014. Regulasi Emosi dan Kelompok Teman Sebaya Pelaku Cyberbullying SMP Negeri “S”. Yogyakarta. Tesis. Universitas Gajah Mada. Diakses dari: https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6958
Anggreiny, N. 2014. Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Remaja Korban Kekerasan Seksual. Tesis. Universitas Sumatra Utara. Diakses dari: http://respository.usu.ac.id/handle/123456789/39813.
Agustiani. 2009. Psikologi Perkembangan ( Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Pada Remaja). Bandung: Rafika Aditama.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriani. 2015. Relaksasi Autogenik untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMP. Jurnal Psikologi Univeristas Gajah Mada Vol. 1, No. 3, Hal 149-162. Diakses Dari: https://jurnal.ugm.ac.id/gamajpp/article/view/9391
Furchan. 2007. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Malang: Pustaka Pelajar.
Gross, J.J. & Jonathan R. 2007. Emotion and Emotion Regulation: A Map for Psychotherapy Researchers. Clinical Psychology: Science and Practice . V14 N4, December 2007. Blackwell Publishing on behalf of the American Psychological Association.
Gross, J.J & John, O. P. 2003. Individual Differences in Two Emotion Regulation Processes: Implications for Affect, Relationships, and Well- Being. Journal of Personality and Social Psychology. 2003, Vol. 85, No. 2, 348–362.
Hidayati. 2017. Peningkatan Regulasi Emosi Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodarama SMK Negeri 1 Semarang: Jurnal Universitas Negeri Semarang Vol.6, No.4 hal 13-22. Diakses dari: http://lib.unnes.ac.id/4034/
Irawan. 2015. Pengembangan Teknik Permainan dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa SMP Negeri 2 Pringsewu. Jurnal STKIP Muhammadiyah Pringsewu Vol.1, No.1, hal 13-22. Diakses dari: http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/article/view/67
Lestari. 2012. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa, Semarang: Jurnal Universitas Negeri Semarang Vol.1 No.2 hal 94. Dikases dari: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/18966
Kurniasih. 2012. Kumpulan Permainan Interaktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Cakrawala.
Lubis. 2017. Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Universitas Bengkulu Vol.1, No. 1, hal 44. Diakses dari: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia/article/view/3982
Mulyatiningsih. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nasution. 2009. Metode Research (penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Kasara.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Priyatmoko. 2010. Upaya Mengendalikan Emosi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Reamaja Di Panti Asuhan Yayasan Al-Hidayah Desa Desel Sadeng Kecamatan Gunung Pati Semarang Tahun 2010. Skripsi.Universitas Negeri Semarang. Diakses dari:http://lib.unnes.ac.id/4034/
Putri. 2016. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Terhadap Pengendalian Emosi Siswa di MAS Al-Ittihadiyah Mamiyai Medan. Jurnal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Vol.1 No.2 hal. 15-25. Diakses dari: http://repository.uinsu.ac.id/4042/
Rahmawati. 2015. Peningkatan Kemampuan Regulasi Emosi dengan Menggunakan Catatan Harian Pada Mahasiswa Psikologi UNS yang sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Ilmiah Psikologi Universitas Surakarta, Vol.3, No.4 hal 52. Diakses dari: http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/92
Romlah, T. 2001. Teori dan praktik. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rusmana, N. 2009. Bimbingan dan konseling Kelompok di sekolah (Metode, Teknik dan aplikasi). Bandung: Rizqi Press
Saloka A. 2014. Hubungan antara Regulasi Emosi dan Dukungan Teman Sebaya dengan Kesehatan Mental Remaja SMA Negeri 6 Yogyakarta. Tesis. Universitas Gajah Mada. Diakses dari: http://etd.repository.ugm.ac.id
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Widiastuti. 2008. Pengaruh Pelaksanaan Regulasi Emosi Terhadap Pengendalian Asma dan Emosi Pada Penderita Asma. Tesis. Universitas Gajah Mada. Diakses dari: http://etd.repository.ugm.ac.id
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.