Penggunaan Konseling Behavioristik Teknik Operant Conditioning Untuk Membentuk Sikap dan Kebiasaan Belajar Yang Baik
Abstract
The purpose of this study is to find out the attitudes and habits of good student learning can be formed by using behavioristic counseling techniques of operant conditioning. This research method is experimental research with design type one group pre test and post test design. Research subjects were 4 students who had bad attitudes and study habits. Data collection techniques used in this research was the questionnaire PSKB. The results showed that good student attitudes and habits can be formed by using behaviouristic counseling techniques operant conditioning. Conclusion in this research is good student attitude and study habits can be formed by using behavioristic counseling technique of operant conditioning in class X student of SMA Negeri 2 Kotabumi of academic year 2017/2018.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap dan kebiasaan belajar siswa yang baik dapat dibentuk dengan menggunakan konseling behavioristik teknik operant conditioning. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis one group pre test and post test design. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa yang memiliki sikap dan kebiasaan belajar buruk. Teknik pengumpulan data menggunakan angket PSKB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan kebiasaan belajar siswa yang baik dapat dibentuk dengan menggunakan konseling behavioritik teknik operant conditioning. Simpulan dalam penelitian ini adalah sikap dan kebiasaan belajar siswa yang baik dapat dibentuk dengan menggunakan konseling behavioristik teknik operant conditioning pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kotabumi Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci: sikap dan kebiasaan belajar, konseling behavioristik, teknik operant conditioning
Full Text:
PDFReferences
Baedowi, Sunan. Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pendekatan Behavioral Model Operant Conditioning. Vol. Ii. No. 2. 2014. Diambil dari: https://Ejournal.Unisnu.Ac.Id/JpitArticle/Download/218/379 (20 September 2018).
Dalam Menangani Perilaku Indisipliner Pada Siswa Korban Perceraian. Vol. 3 No. 1, Juni 2017. Diambil dari: Jurnal.Umk.Ac.Id/Index.Php/Gusjigang/Article/Download/1057/1063 (20 September 2018).
Erlina, Nova. 2016. Penggunaan Layanan Konseling Individu Dengan Pendekatan Behavioral Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII Mts Miftahul Ulum Merabung III Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Diambil Dari: Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Konseli/Article/Download/574/1260 (19 September 2018).
Fauziyah,Layla. 2016 Studi Layanan Bimbingan Dan Konseling Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa Yang Berprestasi Pada Ma Negeri 3 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016. Volume 2. Nomor 1, 2016. Diambil Dari: https://Ojs.UniskaBjm.Ac.Id/Index.Php/AnNur/Article/Download/583/502 (19 September 2018).
Ifdl. 2010. Http:/konselingindonesia.com. Diakses (19 September 2017).
Muslih, Yuyun Nuriyah. 2017. Konseling Behavioral Menggunakan Teknik Kontrak Perilaku Dengan Students’ Logbook Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Diambil Dari: https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jubk/Article/View/17432/8789 (19 September 2018).
Mukhoiyaroh. 2014. Konseling Behavior Dalam Mengatasi Siswa Dengan Motivasi Belajar Rendah. Volume 4, Nomor 2, Tahun 2014. Diambil Dari: Jurnalki.Uinsby.Ac.Id/Index.Php/Jurnalki/Article/View/19/14 (19 September 2018).
Sanyata, Sigit. 2012. Teori Dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik Dalam Konseling. Number 14, Juli 2012. Di Ambil Dari: http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Sigit%20%20sanyata,%20m.Pd/B.1c.Artikel%20ilmiahTeori%20dan%20aplikasi%20behavioristik%20dalam%20konseling.Pdf (20 September 2018).
Walgito, Bimo. 2010. Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Widyaswari , Putu Laksmi. Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Operant Conditioning Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPA Di Sma Bhaktiyasa Singaraja Tahun Pelajarn 2013/2014. Vol. 2. No. 1, 2014. Diambil Dari: https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjbk/Article/View/3738 (20 September 2018).
Winkel, WS. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.