PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
The purpose of this research to know, the influence of study motivation through students’ study achievement in student.The problem in this researh is there any inflvence the students study metivation through the students study achievement. Research used method quantitative. which consist of 119 students. Sample were 60 students using simple random sampling. Result there influence students’ study motivation through students study achievement. Correlation between students study motivation index with study achievement used simple linier regression is vR=0,610 was vF=75,3% to vY. It was indicated that 24,7% influenced by other factors. conclusion in this research is there was an influence of study motivation through students study achievement.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini ”apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitaf. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 119 siswa, dari jumlah populasi sebanyak 60 orang siswa yang ditentukan dengan teknik samplingnya random sampling dengan menggunakan sampling acak sederhana (simple random sampling). Dari perhitungan korelasi antara indeks motivasi belajar dengan prestasi belajar menggunakan regresi linier sederhana yaitu nilai R pada hasil tersebut 0,610 sedangkan nilai KD yang diperoleh dalam perhitungan tersebut 75,3% yang dapat ditafsirkan variabel bebas memiliki pengaruh kontribusi sebesar 75,3% terhadap variabel Y dan 24,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kesimpulan penelitian terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa-siswi.
Kata kunci : bimbingan dan konseling, motivasi belajar, prestasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rieneka Cipta.
Purwanto, M.N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. PT.
Gramedia Widiasarana. Jakarta.
Yusuf, S. 1993. Dasar-dasar Pembinaan Kemampuan Proses Belajar Mengajar. Bandung : CV. Andria.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.