Bentuk dan Faktor Penyebab Perilaku Bullying
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan faktor penyebab perilaku bullying. Masalah penelitian ini adalah bullying. Metode penelitian adalah wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini sebanyak empat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying yang dominan terjadi adalah bullying fisik dan bullying verbal diikuti dengan bullying relasi dan cyber-bullying. Faktor penyebab yang paling dominan adalah faktor sekolah dan masyarakat lalu diikuti faktor keluarga, teman sebaya, dan media. Tidak hanya itu, penulis juga menemukan faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya bullying adalah faktor kepribadian dan budaya.
Kata kunci: bullying, bentuk bullying, faktor bullying
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi dan Uhbiyati. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Amalia, D. 2010. Hubungan Persepsi Tentang Bullying Dengan Intense Melakukan Bullying Siswa SMA Negeri 82 Jakarta.
Ariesto, Adrian. 2009. Pelaksanaan Program Anti-Bullying Teacher Enpowerment Program di sekolah. Universitas Indonesia.
Benitez, J. L., & Justicia, F. 2006. Bullying: Description and analysis of the phenomenon. Electronic Journal of Research in Educational of Psychology,4. 9, 151-17.
Daymond, Christine & Holloway, Immy. 2008. Metode Riset Kualitatif. 2nd ed. Jogjakarta: Press Media. 131.
Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Astuti. Ponny. 2008. Meredam Bullying. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Saripah, Ipah. 2010. Model Konseling Kognitif Perilaku untuk Menanggulangi Bullying Siswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sukarno, T dan Handarini, D. 2016. Pengembangan Panduan Pelatihan Creative Problem Solving Untuk Mencegah Bullying di SMP. Universitas Negeri Malang. Vol.1 hal 33-39.
http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/630diakses pada 13 Juli 2017
Sukmadinata, Nana. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Rosda Karya.
Trevi. 2010. Sikap Siswa SMK Terhadap Bullying”. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggu.
http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/1473 diakses pada 8 Agustus 2016
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tumon, 2014. Studi Deskriptif Perilaku Bullying Pada Remaja Vol. 3 No 1.
Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.
Usman, Irvan. 2013. Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah dan Perilaku Bullying, Humanitas Vol. X No. 1.
Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.