Bentuk dan Faktor Penyebab Perilaku Bullying

Sri Lestari, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


The purpose of this study was to determine the form and factors causing bullying behavior. The problem of this research was bullying. The research method was interview and observation. The subject of this study as many as four students. The results showed the dominant forms of bullying were physical and verbal bullying and followed by relations bullying and cyber-bullying. The most dominant contributing factors were school and community factors, followed by family, peers, and media. Not only that, the author also found other factors causing bullying there were factor of personality and culture.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan faktor penyebab perilaku bullying. Masalah penelitian ini adalah bullying. Metode penelitian adalah wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini sebanyak empat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying yang dominan terjadi adalah bullying fisik dan bullying verbal diikuti dengan bullying relasi dan cyber-bullying. Faktor penyebab yang paling dominan adalah faktor sekolah dan masyarakat lalu diikuti faktor keluarga, teman sebaya, dan media. Tidak hanya itu, penulis juga menemukan faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya bullying adalah faktor kepribadian dan budaya.

 Kata kunci: bullying, bentuk bullying, faktor bullying

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Uhbiyati. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Amalia, D. 2010. Hubungan Persepsi Tentang Bullying Dengan Intense Melakukan Bullying Siswa SMA Negeri 82 Jakarta.

Ariesto, Adrian. 2009. Pelaksanaan Program Anti-Bullying Teacher Enpowerment Program di sekolah. Universitas Indonesia.

Benitez, J. L., & Justicia, F. 2006. Bullying: Description and analysis of the phenomenon. Electronic Journal of Research in Educational of Psychology,4. 9, 151-17.

Daymond, Christine & Holloway, Immy. 2008. Metode Riset Kualitatif. 2nd ed. Jogjakarta: Press Media. 131.

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Astuti. Ponny. 2008. Meredam Bullying. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Saripah, Ipah. 2010. Model Konseling Kognitif Perilaku untuk Menanggulangi Bullying Siswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sukarno, T dan Handarini, D. 2016. Pengembangan Panduan Pelatihan Creative Problem Solving Untuk Mencegah Bullying di SMP. Universitas Negeri Malang. Vol.1 hal 33-39.

http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/630diakses pada 13 Juli 2017

Sukmadinata, Nana. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Rosda Karya.

Trevi. 2010. Sikap Siswa SMK Terhadap Bullying”. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggu.

http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/1473 diakses pada 8 Agustus 2016

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tumon, 2014. Studi Deskriptif Perilaku Bullying Pada Remaja Vol. 3 No 1.

Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.

Usman, Irvan. 2013. Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah dan Perilaku Bullying, Humanitas Vol. X No. 1.

Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.