Penggunaan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Manajemen Diri dalam Belajar

Sindy Elisvi, Muswardi Rosra, Shinta Mayasari

Abstract


The problem of this research were students who had low self-management in the school. The problem was "whether self-management in learning grade VIII students can be improved using group guidance?The purpose of this research was to know the improvement of self-management in learning class VIII students using group guidance. The research method was one group pretest-posttest pre-experimental method. Research subjects were 6 students who hadlow self-management in learning. Data collection techniques used self-management observation sheets in learning. The results of data analysis used Wilcoxon test, obtained the result of -2.207. The result was less than 0.05 (-2,207<0.05) and meant that Ho was rejected and Ha was accepted. There was a significant increase in self-management in learning before and after group guidance. The analysis also showed an increase of 21%.


Masalah penelitian ini adalah siswa yang memilikimanajemen diri dalam belajar yang rendah di sekolah. Permasalahannya adalah apakahmanajemen diri dalam belajar siswa kelas VIII dapatditingkatkanmenggunakanlayananbimbingan kelompok?Tujuanpenelitianuntukmengetahuipeningkatanmanajemen diri dalam belajar siswakelas VIII menggunakanlayanan bimbingan kelompok.Metode penelitian adalah metode pre ekperimen one group pretest-postest design. Subjek penelitian sebanyak6 orang siswa yang memiliki manajemen diri dalam belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi manajemen diri dalam belajar. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh hasil -2,207. Didapat hasil kurang dari 0,05 (-2,207<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya, ternyata terdapat peningkatan yang signifikan pada manajemen diri dalam belajar sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 21%.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingankelompok, manajemen diri dalam belajar


Full Text:

PDF

References


Anik, S. 2013. Upaya Meningkatkan Self Management dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada siswa kelas VIIID. Jurnal. Volume 1. Halaman 30-39.

Alamri. N. 2014. Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Disiplin Belajar anak kelas X SMA 1 Gebong. Jurnal.Volume 1. Nomor 1. Halaman 56-60.

Dembo, M.H. 2004, Motivation And Learning Strategies For College Successa Self Management Approach Second Edition. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Maqassary, A. 2013.Meningkatkan Self Management dalam Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa kelas VIII.Jurnal. Volume 2. Nomor 1. Halaman 98-102.

Mufidah, L, 2012. Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Dikusi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas XI IPS. Jurnal. Volume 1. Halaman 40-47.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia UNP.

Rismanto, 2016. Meningkatkan Self Management dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling. Jurnal. Volume 2. Nomer 1. Halaman 38-50.

Setiani, C. A. 2014. Meningkatkan konsentrasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok. Jurnal. Volume 3. Nomor 1. Halaman 56-60.

Sihombing. A. 2015. Meningkatkan Self Management dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan kelompok Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pegajahan Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal. Volume 2. Nomor 2. Halaman 55-61.

Wahyanigrum. A. 2017. Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa MTS. Jurnal. Volume 5. Nomor 2. Halaman 44-56


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.