Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar
Abstract
The purpose of this study was to identify the correlation between peer group interaction with learning achievement. The research method was quantitative. Population amounted160 students and research sample as many as 32 students determined by simple random sampling technique. Data collection technique used observation of peer group interaction and value of report documentation. Data analysis technique used Product Moment correlation. The result showed there was a positive and significant correlation between peer goup interaction with learning achievement value rhitung=0,528 > rtabel=0,338 at the level of significant 0,05 then Ho rejected and Ha accepted. The conclusion of this research is there was a positive and significant correlation between peer group interaction with learning achievement, its mean the greater of peer group interaction will be the higher the student learning achievement.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar. Metode penelitian bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 160 siswa dan sampel berjumlah 32 siswa yang diambil dengan tekniksimple random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi interaksi teman sebaya dan dokumentasi nilai raport. Teknik analisis data menggunakan korelasiProduct Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar dengan nilai korelasi rhitung=0,528 > rtabel= 0,338 pada taraf signifikan 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar, artinya semakin besar interaksi teman sebaya maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.
Kata kunci:hubungan, interaksi teman sebaya, prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ahmadi, A dan Widodo, S. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Desmita, 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Halen, D. 2013. Hubungan Interaksi Sosial Peserta Didik Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Mts Negeri 1 Kotabumi Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung. Halaman 9.
Jumiyati. 2016. Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMP Negeri 2 Penguban Lampung Tengah Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung. Halaman 10.
Prayitno dan Erman, A. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Santrock, J. W. 2007. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Walgito, B. 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.