Peningkatan Interaksi Sosial Siswa Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok
Abstract
The problems of this research were social interaction of students. The purpose of this reasearch was to know whether social interaction could be increased by using group guidance service. The The subjects of this study were 10 student, which had normal social interaction. The results in research showed that social interaction of student increased significantly after following the group guidance services. It was shown from the pretest and posstest results which obtained z table = 1,96 and z output= -2,816. Because z output ? z table, then Ho was refused and Ha was received. It meant that there were significant increases between the social interaction student before and after group guidance services. The conclusions was that interaction student could be increased by using group guidance services towards students of ten grade of SMA Negeri 1 Natar in 2017/2018.
Masalah dalam penelitian ini adalah interaksi sosial siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah interaksi sosial dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji wilcoxon. Subyek penelitian ini 10 orang siswa yang memiliki interaksi sosial sedang. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa interaksi sosial mengalami peningkatan signifikan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh Z hitung = -2,816 dan Z tabel = 1,96 Karena Z hitung ? Z tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan, interaksi sosial siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, interaksi sosial, bimbingan kelompok
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Zainal. 2009. Optimalisasi Konseling Individu dan Kelompok untuk Keberhasilan Siswa. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Vol 14. No. 1. Online: http://ejournal.satinpurwokerto.ac.id, diakses 19 Juni 2012.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Basrowi dan Kasinu, A. 2006. Metodelogi Penelitian Sosial. Kediri: Jenggala Pustaka Utama.
Prayitno, 1997. Buku III Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Umum. Padang: PT. Bina Sumber Daya MIPA.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno & Amti, Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang.
Santoso, S. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Santoso, S. 2010. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Schultz, D. 1991. Psikologi Pertumbuhan: Model-model Kepribadian Sehat. Yogyakarta: Kanisius.
Soekanto, S. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.