Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur
Abstract
The problem in this research is low students learning achievement. The problem in this research was was there a correlation betwen students learning motivation and the student achievement. The purpose of this study to determine the relationship of the students learning motivation with the students achievement. The method used in this research is quantitative method. data analysis techniques using product moment correlation. Taken with simple random sampling. The sample in this research was fifty five.The results showed that there was a relationship between students learning motivation with students achievement of results the analysis data correlation product moment. From the data processing seen that the value of rcount >r table 0.742 > 0.260 so Ho rejected and Ha accepted.In conclusion is there are positive relationships between learning motivation and students achievement. State SMP Negeri 1 Sukadana Lampung Timur.
Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa rendah. Permasalahan penelitian ini apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 1 Sukadana.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Yang diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian sebanyak lima puluh lima.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa terbukti dari hasil analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Dari hasil yang di peroleh nilai > yaitu 0,742 > 0,260 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima.Kesimpulnnya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sukadana Lampung Timur.
Kata kunci: belajar, motivasi, prestasi
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakara: Pustaka Belajar.
Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.
Baharuddin. 2008. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah,S. B. 2002. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi. 2004. Metode Penelitian Yogyakarta: Andi Yogyakatra Ikatan Akutansi Indonesia.
Masyhuri dan M. Zainuddin. 2008. Metodelogi Penelitian Bandung: PT Refika Aditama.
Muhibbin, Syah. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pres.
Noor 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Safar. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional di Rektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah di Rektorat Tenaga Kependidikan.
Sumanto. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sumantri M. & Johar P. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Direkorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tjundjing, 2001. Hubungan Antara Iq, Eq, dan Qa dengan Prestasi Studi Pada Siswa Anima: Indonesia Psychologycal Journal.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.