Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Meggunakan Layanan Konseling Kelompok (Teknik Modeling)

Nevi Indah Saputri, Muswardi Rosra, Diah Utaminingsih

Abstract


Problems in this research is low student learning motivation. The purpose of this research is to know the improvement of student's learning motivation by giving counseling service of modeling technique group to students of SMP Negeri 5 Tulang Bawang Tengah of academic year 2016/2017. The method used is research with pre-experimental design design with one group pretest-posttest design research. Data obtained from the results of the scale that has been filled by students on pretest and posttes. The research sample consisted of seven grade VIII students who had low learning motivation. Samples were collected by purposive sampling technique. Students who become the sample is obtained by spreading the scale of motivation to learn throughout the class VIII students and obtained students who have low learning motivation, so elected to the seven students. The data have been obtained were analyzed using non parametris statistics ie wilcoxon test and obtained nilai Z count <Z table that is 1.866 <2.013, then Ho is rejected and Ha accepted.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan memberikan layanan konseling kelompok teknik modeling pada siswa SMP Negeri 5 Tulang bawang Tengah Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah penelitian dengan desain pre-eksperimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Data diperoleh dari hasil skala yang telah diisi oleh siswa pada pretest dan posttes. Sampel penelitian terdiri dari tujuh orang siswa kelas VIII yang memiliki motivasi belajar rendah. Sampel dijaring dengan teknik purposive sampling. Siswa yang menjadi sampel tersebut didapat dengan menyebar skala motivasi belajar keseluruh siswa kelas VIII dan didapat siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sehingga terpilihlah ke-tujuh siswa tersebut. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan statistik non parametris yaitu uji wilcoxon dan didapat nilai Z hitung < Z tabel yaitu adalah 1,866 < 2,013, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci: konseling kelompok, motivasi belajar, teknik modeling


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Komalasari, Gantina, dkk. 2011. Asesmen Teknik Non Tes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: PT. Indeks.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Prayitno, 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta : GahliaIndonesia.

Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu.Yogyakarta: Familia.

Ridwan. 2008. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Santoso, Singgih. 2004. Statistik Deskriptif: Konsep, Aplikasi dengan Microsoft Ecxel dan SPSS .Yogyakarta: Andi.

Sardiman. A. M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Ketut Dewa. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.