Faktor Kurangnya Minat Siswa Pada Layanan Bimbingan dan Konseling

Try Widya Gustari Dewi, Yusmansyah Yusmansyah, Ari Sofia

Abstract


The purpose of this study was to find out the factors causing the lack of interest of students on guidance and counseling services in SMA Negeri 1 Natar South Lampung 2016/2017 academic year. The method used in this research was descriptive quantitative method. Technique of collecting research data was using questionnaire. This research was conducted to 60 students of class XI IPS in SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan which also being a research subject. It is influenced by seven indicators: Students are afraid to guidance and counseling because they assume as problematic student 0,54 %, Guidance and counseling room is less support 0,49%, Student think Teachers as School Police equal to 0,38%, Students shy to do counseling and student do not know what the Guidance and counseling is 0.35%, Students assume that the Guidance and counseling teacher handles the problem only 0.34% and Students do not use BK if not summoned.sebesar 0.30%.

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor penyebab kurangnya minat siswa pada layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Natar lampung selatan tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan pada penelitian in adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian adalah menggunakan angket. Penelitian ini dilakukan kepada 60 orang siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan sekaligus menjadi Subjek penelitian. Hal ini dipengaruhi oleh tujuh indikator yaitu: Siswa takut ke BK karena beranggapan sebagai siswa bermasalah sebesar 0,54%, Ruangan BK kurang mendukung sebesar 0,49%, Siswa beranggapan Guru BK sebagai Polisi Sekolah sebesar 0,38%, Siswa malu untuk melakukan konseling dan siswa tidak mengenal apa itu BK sebesar 0,35%, Siswa beranggapan bahwa guru BK menangani yang bermasalah saja sebesar 0,34% dan Siswa tidak memanfaatkan BK jika tidak dipanggil.

Kata kunci: bimbingan konseling, minat, siswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

AM Sudirman. 2003. Pengantar pendidikan dalam psikologi. Jakarta: Rifika aditama

Fikmawati. 2012. Bimbingan dan konseling: Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Hikmawati, Fenti. 2011. Bimbingan dan Konseling: Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Nazir, M. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Manyu. 2006. Konseling individual. Jakarta: Rineka Cipta.

Manrihu. 2006. Panduan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Erlangga.

Prayitno. 2003. Panduan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka cipta

Prayitno. 2000. Bimbingan dan konseling disekolah. Jakarta: Ghalia indonesia.

Slameto. 2000. Pengantar Teori Konseling: Suatu Uraian Singkat. Jakarta: Rineka Cipta.

Soetinah. 2000. Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Pujiati. 2005. Buku Minat dan Aplikasinya. Jakarta: Yudistira

Sukardi, D.K. 2001. Pengantar Teori Konseling (Suatu Uraian Singkat). Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Usman. 2007. Dasar-dasar minat. Bandung: Prestasi Sekolah.

Winkel. 2006. Bimbingan dan konseling di institut pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.