PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF GURU BK DENGAN SISWA TERHADAP MINAT MENGIKUTI LAYANAN BK
Abstract
The aim of this research wasdetermine effect of teachers effective communication with students interest joining BK service. Issues of study to knowinfluence of teachers effective communication with students interestjoiningBK service. This research was quantitative. Population was 350 students, 20% of samples were 70 students with simple random sampling technique.Correlation using simple linear regression, correlation value was 0.473 ,determination value was 0.224 or 22,4% interpreted effective communication contributes 22,4% to variable interest of following BK services, theres no significant influence and positive. Research results shows there was an influence between teachers effective communication with students interest joining BK service.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh komunikasi efektif guru BK dengan siswa terhadap minat mengikuti layanan bimbingan dan koseling Permasalahan penelitian apakah ada pengaruh komunikasi efektif guru bimbingan konselingBK dan koseling. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi 350 siswa, sampel 20% sebanyak 70 siswa dengan simple random sampling. Hasil korelasi menggunakan regresi linear sederhana, nilai korelasi 0,473, nilai determinasi 0,224 atau 22,4% ditafsirkan kontribusi komunikasi efektif 22,4% terhadap variabel minat mengikuti layanan bimbingan dan konseling tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Hasil penelitian ada pengaruh komunikasi efektif guru bimbingan konseling dengan siswa terhadap minat dalam mengikuti layanan bimbingan dan koseling.
Kata kunci: bimbingan konseling, komunikasi efektif, minat
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Azwar, S. 2013. Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Cangara, H. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo
Effendy, O.U. 2003. Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hurlock. 2004. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Juntika, A.N. 2011. Bimbingan dan Konseling (Dalam Berbagai Latar Kehidupan). Bandung: PT Refika Aditama
LittleJohn, S.W: Foss Karen A.2009. Teori Komunikasi. (Theories Of Human Communication). Jakarta: Salemba Humanika
Mulyana, D. 2000. Human Communication. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Prayitno dan Amti, E. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Rakhmat, J. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remadja Karya
Riswandi. 2013. Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta
Sujianto, A.E. 2007. Aplikasi Statistik dengan SPSS untuk Pemula. Jakarta. Prestasi Pustaka Publiser
Sukardi, D.K. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling (Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal). Yogyakarta: C.V Andi Offset
Walgito, B. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: C.V Andi Offset
Widjaja, H.A.W. 2000. Ilmu Komunikasi (Pengantar Studi). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.