PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF GURU BK DENGAN SISWA TERHADAP MINAT MENGIKUTI LAYANAN BK

Luluk Nandya Maharani, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


The aim of this research wasdetermine effect of teachers effective communication with students interest joining BK service. Issues of study to knowinfluence of teachers effective communication with students interestjoiningBK service. This research was quantitative. Population was 350 students, 20% of samples were 70 students with simple random sampling technique.Correlation using simple linear regression, correlation value was 0.473 ,determination value was 0.224 or 22,4% interpreted effective communication contributes 22,4% to variable interest of following BK services, theres no significant influence and positive. Research results shows there was an influence between teachers effective communication with students interest joining BK service.

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh komunikasi efektif guru BK dengan siswa terhadap minat mengikuti layanan bimbingan dan koseling Permasalahan penelitian apakah ada pengaruh komunikasi efektif guru bimbingan konselingBK dan koseling. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi 350 siswa, sampel 20% sebanyak 70 siswa dengan simple random sampling. Hasil korelasi menggunakan regresi linear sederhana, nilai korelasi 0,473, nilai determinasi 0,224 atau 22,4% ditafsirkan kontribusi komunikasi efektif 22,4% terhadap variabel minat mengikuti layanan bimbingan dan konseling tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Hasil penelitian ada pengaruh komunikasi efektif guru bimbingan konseling dengan siswa terhadap minat dalam mengikuti layanan bimbingan dan koseling.

Kata kunci: bimbingan konseling, komunikasi efektif, minat


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Azwar, S. 2013. Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cangara, H. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo

Effendy, O.U. 2003. Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hurlock. 2004. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Juntika, A.N. 2011. Bimbingan dan Konseling (Dalam Berbagai Latar Kehidupan). Bandung: PT Refika Aditama

LittleJohn, S.W: Foss Karen A.2009. Teori Komunikasi. (Theories Of Human Communication). Jakarta: Salemba Humanika

Mulyana, D. 2000. Human Communication. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Prayitno dan Amti, E. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rakhmat, J. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remadja Karya

Riswandi. 2013. Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta

Sujianto, A.E. 2007. Aplikasi Statistik dengan SPSS untuk Pemula. Jakarta. Prestasi Pustaka Publiser

Sukardi, D.K. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling (Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal). Yogyakarta: C.V Andi Offset

Walgito, B. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: C.V Andi Offset

Widjaja, H.A.W. 2000. Ilmu Komunikasi (Pengantar Studi). Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.