PENINGKATAN PERILAKU SELF ESTEEM DENGAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII
Abstract
The problem of this research was the self esteem of students. The aim of this research was to identify if the use of group counseling service could optimize the self esteem of students. The method used was quasi experimental method with one group pretest and posttest design. Technique in gained the data is by using observation. The result shows that could be significant maximized the self esteem of students score about before and after used group counseling services amount 42,39%, from the low self esteem results Obtained zoutput = - 3,06 and ztabel = 1, 645. then Ha is accepted and H0 is rejected.
Masalah penelitian ini adalah perilaku self esteem siswa. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui pengggunaan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan perilaku self esteem siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan one group pretest and posttest design. Teknik pengumpulan data adalah observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan antara self esteem siswa sebelum dan setelah diberikan layanan konseling kelompok sebesar 42,39%, berdasarkan penghitungan perilaku self esteem rendah yang diperoleh zoutput=-3,06 dan ztable= 1,645,maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata kunci : konseling kelompok, self esteem, bimbingan dan konseling
Full Text:
PDFReferences
Dariyo, Agus. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor Selatan: Ghaliya Indonesia
Lubis, Namora Lumongga. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana
Nurihsan, Achmad Juntika. 2007. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rafika Aditama
Prayitno. 2004. Aplikasi Instrumen L.6, L.7 Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok. Padang: UNJ
Prayitno dan Amti, Erman. 2004. Dasar dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Rahman, Agus Abdul. 2013. Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Santrock, John W. 2003. Adolescence. Perkembangan Remaja Edisi 6. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2011. Metode apenelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.