PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING SISWA KELAS XII SMA
Abstract
The purpose of this research was to increase the capability to express the opinion with using assertive training techniques. This study used quasi experimental methods research, with one-group pretest-posttest design. The research subject were 10 students. Data collection technique used observation. The result of data analysis by using the Wilcoxon test showed that zratio = -2.805 < ztable = 1.645 then Ho is rejected and Ha is accepted, it meant that the capability to express the opinion of student can be improved by using assertive training techniques.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat dengan menggunakan teknik assertive training. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan jenis one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa zhitung = 2,805< ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima, itu berarti kemampuan mengungkapan pendapat siswa dapat ditingkatkan menggunakan teknik assertive training.
Kata kunci : bimbingan konseling, assertive training, mengungkapkan pendapatFull Text:
PDFReferences
Badudu. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Corey, Gerald. 2009. Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama
Fauzan, L. 2010. Assertive Training. Jakarta: Gramedia
Gunarsih, S. D. 2007 . Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia
Hurlock, Elizabeth B. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Lubis, N. Lumongga. 2011. Memahami Dasar Konseling, dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sikone, Stefan. 2007. Menanamkan Sikap Asertif di Sekolah. Jakarta: Gramedia
Willis, S. 2004. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.