PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING SISWA KELAS XII SMA

Desti Wahyuning, Muswardi Rosra, Shinta Mayasari

Abstract


The purpose of this research was to increase the capability to express the opinion with using assertive training techniques. This study used quasi experimental methods research, with one-group pretest-posttest design. The research subject were 10 students. Data collection technique used observation. The result of data analysis by using the Wilcoxon test showed that zratio = -2.805 < ztable = 1.645 then Ho is rejected and Ha is accepted, it meant that the capability to express the opinion of student can be improved by using assertive training techniques.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat dengan menggunakan teknik assertive training. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan jenis one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa zhitung = 2,805< ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima, itu berarti kemampuan mengungkapan pendapat siswa dapat ditingkatkan menggunakan teknik assertive training.

Kata kunci : bimbingan konseling, assertive training, mengungkapkan pendapat

Full Text:

PDF

References


Badudu. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Corey, Gerald. 2009. Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama

Fauzan, L. 2010. Assertive Training. Jakarta: Gramedia

Gunarsih, S. D. 2007 . Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia

Hurlock, Elizabeth B. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Lubis, N. Lumongga. 2011. Memahami Dasar Konseling, dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sikone, Stefan. 2007. Menanamkan Sikap Asertif di Sekolah. Jakarta: Gramedia

Willis, S. 2004. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.