HUBUNGAN ANTARA PENGASUHAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA SMA
Abstract
The research objective was to determine the relationship between parenting with social interaction skill. The method was a quantitative study with a correlational design, and then was analyzed using statistical parametric product moment correlation. The research sample were 80 students. Statistical analysis showed if there was rxy = 0.749 and rtable 0,219; rxy > rtable which meant that Ho rejected and Ha accepted. It showed us that parenting had a strong relationship with social interaction skill at senior high school students.
Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara pengasuhan orang tua dengan kemampuan interaksi sosial. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional, kemudian dianalisis menggunakan statistik parametrik korelasi product moment. Sampel penelitian sebanyak 80 siswa. Hasil analisis statistik menunjukkan rxy =0,749 dan rtabel = 0,219; rxy > rtabel. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengasuhan orang tua memiliki hubungan yang kuat dengan kemampuan interaksi sosial pada siswa SMA.
Kata kunci : pengasuhan, interaksi sosial, siswa SMA
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta
Ali, M. & Asrori, M. 2006. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara
Dariyo, A. 2004. Psikologi Perkembangan Ramaja. Bogor: Ghalia Indonesia
Hurlock, E.B. 1998. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Leong, F.T.L. 2008. Encyclopedia of counseling. United State of America : SAGE Publication
Nurihsan, A.J. 2011. Bimbingan & Konseling (dalam berbagai latar kehidupan). Bandung: Refika Aditama.
Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak edisi ketujuh. Jakarta : Erlangga
Soekanto, S. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.