PENINGKATAN DISIPLIN SISWA MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIOR SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
The purpose of this study was to increase the students discipline at school by using group counseling service. This research was a quasi-experimental design with one group pretest-posttest design. The research subjects were 10 students who have an undiscipline behavior. The data were collected by using observation method. The result of data analysis by using the Wilcoxon test, the results of pretest and posttest, the students is an discipline in schools showed that t count = -2,831 < t table = 1,645, it means that Ha was acceptable and there improvement of students discipline after being participated in group counseling using behavior approach. It means that the students discipline at school can be improved using group counseling services with behavior approach.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan disiplin siswa di sekolah dengan cara menggunakan layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior. Penelitian ini bersifat quasi eksperimental design dengan jenis one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa yang memiliki perilaku tidak disiplin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posstest kedisiplinan siswa di sekolah menunjukkan bahwa t hitung = -2,831 < t tabel = 1,645, maka Ha diterima artinya terjadi peningkatan perilaku disiplin setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior. Artinya disiplin siswa di sekolah dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior.
Kata kunci : bimbingan dan konseling, konseling kelompok, disiplin
Full Text:
PDFReferences
Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta
Komalasari. G, Wahyuni. E, dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik konseling. Jakarta Barat: Indeks
Koswara, E. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama
Mungin, W. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT Unnes Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi, D. K. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Suryabrata, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Tololiu, D. 2005. Meningkatkan Disiplin Siswa Melalui Bimbingan Individual Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo
Tulus, T. 2004. Peran dan Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.