MENGURANGI KONSEP DIRI NEGATIF MENGGUNAKAN ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS X SMA
Abstract
The purpose of this study was to know whether the use of assertive training techniques can reduce negative self-concept in students. Method used was pre-experimental method with one group pretest and posttest design. Data collection techniques in this study used self-concept scale. Results which were obtained indicated that a negative self-concept in students can be reduced after activity of assertive training techniques. It was shown from the results of data analysis using the Wilcoxon test, pretest and posttest results it obtained that z output -2,805b and z table = 0.05 = 1. Because z output < z table then, Ho is rejected and Ha accepted, it means that there is significant increase between the negative self-concept before and after assertive training technique.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa pengggunaan teknik assertive training dapat mengurangi konsep diri negatif pada siswa. Masalah dalam penelitian ini konsep diri negatif pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen dengan menggunakan one group pretest and posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala konsep diri. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa konsep diri negatif siswa dapat dikurangi setelah kegiatan teknik assertive training. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung = -2,805b dan ztabel = 0,05 = 1. Karena zhitung < ztabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan konsep diri negatif yang signifikan antara sebelum dan setelah diberikan assertive training.
Kata kunci : konsep diri negatif, teknik assertive training, bimbingan dan konseling.
Full Text:
PDFReferences
Alberti, R., & Emmons, M. (2006).Your Perfect Right (Panduan praktis hidup lebih ekspresif dan jujur pada diri sendiri). Alih Bahasa Ursula G.Buditjahja. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Calhoun, JF. 1995. Psikologi Tentang Penyesuaian Dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press.
Corey,G. 2009. Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Jakarta: PT Eresco.
Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.
Suprapto. 2007. Efektifitas Pelaksanaan Layanan Assertive Training Dalam Mengurangi Konsep Diri Negatif Pada Siswa Kelas XI SMA Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Retrived 20 Juli 2007. dari http://digikib.unnes.ac.id
Willis, S. 2004. Konseling Indiviual Teori Dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.