PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI CO-OP CO-OP DENGAN MEDIA GRAFIS

Septi Yuyun Ernitasari, Alben Amarita, Yulina Hamdan

Abstract


The purpose of this research was to increase activity and student achievement by implementing of co-op co-op with graphic media. Type of research was Classroom Action Research (CAR) conducted in 2 cycles. Each cycles consisted of planning, acting, observing, and reflecting. The instrument of research data used the observation sheet and question test. The technique of data analysis used qualitative analysis and quantitaive analysis. The result of this research showed that the implementation of co-op co-op with graphic media in social learning could increase student achievement.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan co-op-co-op dengan media grafis. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan co-op co-op dengan media grafis pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.


Kata kunci: aktivitas, co-op co-op, grafis, hasil belajar.



References


Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oe. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Harmianto, S. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: ALFABETA.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT Rajawali Pers.

---------. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Pratis Disertai dengan Contoh. Rajawali Press. Jakarta.

Sanjaya, W. 2014. Media Komunukasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sapriya. 2006. Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press.

Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rodakarya.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.