PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN POWER POINT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Putri Nurul Aini, Darsono Darsono, Suwarjo Suwarjo

Abstract

The purpose of this research was to increase the activity and study result of student by implementing PBL model with power point media. The research method was classroom action research conducted in two cycles with stage planning, acting, observing, and relfecting. The technique of research data was using nontest technique and test technique. The instrument of research data was using the observation sheet and question test. The technique of data analyze used qualitative analysis and quantitative analysis. The result of research showed that implementation of PBL model with power point media in social learning can increase activity and study result of student.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan model PBL dengan media power point. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan teknik tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan media power point pada mata pelajaran IPS kelas IV dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: model problem based learning, media power point, aktivitas belajar, hasil belajar.

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Andi. 2009. Short Course: Microsoft Power Point 2007. Semarang: Wahana Komputer.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.

Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabet.

Hamiyah, Nur, dan Jauhar, Muhammad. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muiz, Dindin Abdul. 2005. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Online (http://file.upi.edu/Direktori/ KDtasikmalaya /dindin_abdul_ muiz_lidinillah. Pdf). Diunduh pada tanggal 5 Desember 2014.

Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rusman, Kurniawan, Deni, dan Riyana, Cepi. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman, Kurniawan, Deni, Riyana, Cepi. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sapriya, Istianti, Tuti, dan Zulkifli, Effendi. 2007. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Supriatna, Nana, Mulyani, Srie, dan Rokhayati, Ade. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suwarjo. 2008. Pembelajaran Kooperatif dalam Apresiasi Prosa Fiksi. Malang: Surya Pena Gemilang.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu (konsep, strategi, dan implementasinya dalam KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardhani, IGAK, dan Wihardit, Kuswaya. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.