PENERAPAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD
Abstract
The research purposed to increase the activity and study result of mathematics by the application of picture and pictures model. The research was implemented in two cycles of classroom action research that consisted of plan, action, observation, and reflection. Data were collected by observation and test, then analyzed by qualitative and quantitatives technique. The research outcome showed that the application of picture and pictures model could raise activity and study result of mathematics.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menerapkan model picture and picture. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, matematika, picture and picture
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hamalik, Oe. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud No 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakukan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013. Dapat diakses pada URL: http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/sites/default/files permendikbud_ pemberlakuanK06- 1hasil Rapim11Des 2014-3.pdf. Diakses pada 18 Desember 2014.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Tim Penyusun. 2009. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.