PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Aditya Permadi, Asmaul Khair, Siti Rachmah Sofiani

Abstract


This research was motivated to the low of IPS learning result. The research objective was to improve learning outcomes of IPS using cooperative learning model of NHT. This type of research was classroom action research conducted in two cycles with the stages of planning, implementation, observation, and reflection. Techniques of collecting data through testing and non testing technique using observation sheet and questions test . Data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. The results showed that the application of cooperative learning model of NHT could improve learning outcomes social.

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPS. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe NHT. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpul data melalui teknik tes dan non tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Kata kunci : hasil belajar, IPS, cooperative learning tipe NHT


References


Arfiyadi, Ahsan. 2012. Numbered Head Together. (http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.com/2012/08/numbered-head-together-nht.html. Diakses pada 03 Juli 2015 pukul 09.45 WIB).

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodes dan paradigmatic. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.

Ischak, Sardjiyo Didin Sugandi. 2011. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Raja Jakarta: Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahab Abdul Aziz, dkk. 2011. Konsep Dasar IPS. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wahyudin Dinn, dkk. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardhani, IGAK, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.