PENERAPAN PROBLEM POSING DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Sella Evatianti, Alben Ambarita, Nelly Astuti

Abstract

The aims of the research were to improve activity and study result by implementation of problem posing with graphic media. The method of research was classroom action research that consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of the research data collection used observation sheet and test. The technique of the data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that implementation of problem posing with graphic media can improve the activity and study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan problem posing dengan media grafis. Metode penelitian adalah tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan problem posing dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, problem posing.

References

Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2010. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya. W. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sanjaya. W. 2013. Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Thobroni, M & Arif. M. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Tim Penyusun. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 tentang Standar Isi Mata Pelajaran IPA untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.