PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE LATIHAN DENGAN MEDIA REALIA

Ester Handayati, Muncarno Muncarno, Nelly Astuti

Abstract

The purpose of the research was to improve the activity and the result of students learning on math lesson using exercise method and media realia. The method used in this research was classroom action research. Collecting the data was using students activity instrument, the teachers activity instrument, and the questions test. The technique to analysis the data that used was qualitative analysis and quantitative analysis. The result of the research indicated that the use of exercise method with media realia in math lesson in grade 4th of Karunia Imanuel Elementary School was able to increase the activity and the result of students learning. As we know from the average of students activity in cycle I (53,12%) increased as much as 26,04% on cycle II become (79,16%). The average of the result of students studied in cycle I (66,66) and rising occur on cycle II as big as 5,12 become (71,83).

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode latihan dan media realia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan instrument aktivitas siswa, instrument kinerja guru, dan soal-soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif serta analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan metode latihan dengan media realia pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Karunia Imanuel mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (53,12%) meningkat sebesar 26,04% pada siklus II menjadi (79,16%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (66,66) dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 5,17 menjadi (71,83).

Kata kunci:metode, media, aktivitas dan hasil belajar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bachri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rodaskarya.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Permendiknas RI no 22 tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) dan Standar Kelulusan (SKL). Jakarta. BSNP.

Sadiman, A. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Bentang Aksara Galang Wacana.

Solihatin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwangsih, Erna & Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI PRESS.

Wahab, Abdul Azis. 2007. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Wardhani, I.G.A.K, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.