PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
Abstract
The aims of research were to improve activity and study result through model of cooperative learning STAD type. This research was Classroom Action Research (CAR) which was done in two (2) cycles. Each cycle consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. Data collecting techniques were using non-test and test technique. Data collecting tool in the form of observation sheet and question test. Data analysis of was using qualitative and quantitativeanalysis techniques. The result of research showed that the implementation of cooperative learning model STAD type can improve increase the activity and students study result.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, IPA, model cooperative learning tipe STAD
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aqib, Z. 2002. Profesional Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Jakarta: Alfabeta.
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
_________. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.
Kunandar. 2010. Layanan Mudah Peneliti Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Poerwanti, E. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Slavin, Robert. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Reset, dan Praktik. Alih Bahasa Lita. Bandung: Nusa Media.
Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Aruzz Media.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, A.2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutrisno, L. 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: DepdiknasDirjen Dikti.
Thobroni, M & Mustofa, A. 2011. Belajar dan pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2009. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tim Penyusun. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 mengenai Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.