PENERAPAN NHT DAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn

Asep Kurniawan, Rapani Rapani, Asmaul Khair

Abstract

This research purposed to increase learning result of civic education through application of NHT model and graphic media. The kind of this research was classroom action research implemented in two cycles consisted of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection technique used nontest and test by using observation sheet and test question. Data analysis techniques were in the form of qualitative and quantitative. The results showed that the application of NHT model and graphic media could increase activity and learning result.

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn melalui penerapan model NHT dan media grafis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes dengan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT dan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media grafis, model NHT.

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Iqbalali. 2010. NHT-Numbered-Head-Together. (http://iqbalali. blogspot.com/2010/01/03/nht-numbered-head-together). Diakses 15 April 2015 Pukul 20.30 WIB.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wardhani, I.G.A.K. 2007. PenelitianTindakanKelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.