PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SISWA

Nita Sari, Riswandi Riswandi, Loliyana Loliyana

Abstract

This research aimed to describe the application of problem-based learning model based curriculum 2013 in SD Negeri 2 Labuhan Ratu. The results showed that: 1) The concept of problem-based learning model in SD Negeri 2 Labuhan Ratu already well meaning teachers was sufficient to understand that the model was aimed in encouraging students to actively looked for problems in the real world, 2) The application has been implemented based on the demands of the curriculum in 2013 through objectives, materials, learning resources, measures, evaluation and the role of the teacher in the learning process, 3) The results could be seen by students achievement, learning environment and student response has been quite good, 4) Supported factors included teachers, media and students active and inhibiting factors included the persistence of the teacher who gave lessons were not in accordance with the demands of the curriculum in 2013, media and learning resources were lacking as well as student laziness factor.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Konsep model pembelajaran berbasis masalah di SD Negeri 2 Labuhan Ratu sudah baik artinya guru sudah cukup memahami bahwa model tersebut bertujuan mendorong siswa aktif untuk mencari permasalahan dalam dunia nyata, 2) Penerapannya telah dilaksanakan berdasarkan tuntutan kurikulum 2013 melalui tujuan, materi, sumber belajar , langkah-langkah , evaluasi serta peran guru dalam proses pembelajaran, 3) Hasil penggunaannya terlihat dari prestasi akademik siswa, suasana pembelajaran serta tanggapan siswa yang sudah cukup baik, 4) Faktor pendukung meliputi guru, media serta siswa yang aktif dan faktor penghambatnya meliputi masih adanya guru yang memberikan pelajaran tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, media dan sumber belajar yang kurang serta faktor kemalasan siswa.

Kata kunci: model pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, kurikulum 2013

References

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.

Mulyasa.2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis SAINS. Jogjakarta: DIVA Press Remaja Rosdakarya.

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.