EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 DALAM PEMBENTUKAN SIKAP

Yeti Suryani, Riswandi Riswandi, Sasmiati Sasmiati

Abstract


The aim of this research was to describe the effectiveness of 2013 curriculum to build up the attitude of the elementary school students. In this case, the writer used the discriptive survey by qualitative approach. The target of this survey was SD Negeri 2 Labuhan Ratu. The data resources used the sample purposive to the head master, the teacher, and some students. The real data used technique trianggulation, analysis data and interaction analysis included reduction data, performance data and verification. The results of the survey showed that : (1) The attitude condition of SD Negeri 2 Labuhan Ratu students; (2) Learning process of curriculum 2013 about the attitude of SD Negeri 2 Labuhan Ratu students ; (3) the attitude score system of the students’s attitude SD Negeri 2 Labuhan Ratu. (4) the survey’s result about learning process of curriculum 2013 to the students’s attitude had been effective.

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembentukan sikap anak SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Sumber data yang digunakan adalah purposive sampling yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru kelas, dan beberapa siswa. Teknik keabsahan data dengan trianggulasi teknik dan analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-langkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kondisi awal sikap siswa di SD Negeri 2 Labuhan Ratu; (2) Proses pembelajaran kurikulum 2013 yang pembentukan sikap siswa di SD Negeri 2 Labuhan Ratu; (3) Sistem penilaian sikap pada pembelajaran kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Labuhan Ratu; (4) Hasil penelitian menujukkan bahwa pembelajaran pada kurikulum 2013 dalam pembentukan sikap yang dilaksanakan sudah efektif.                                         

Kata kunci: efektivitas pembelajaran, kurikulum 2013, dan pembentukan sikap

 


References


Agustian, Ari Ginanjar. 2007.Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual.Jakarta: Arga.

Azwar Saifuddin 2012. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Furqon, H. 2010. Pendidikan Karakter:Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka

Mulyasa. 2014. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. 2004. Dasar–Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.