PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE CARD SORT
Abstract
The purpose of this research was to increase activity and students achievement by implementing card sort method. Type of research was Classroom Action Research (CAR) conducted in 3 cycles. Each cycles were planning, acting, observing, and reflecting. The instrument of research data used the observation sheet and question test. The technique of data analysis used qualitative analysis and quantitaive analysis. The result of this research showed that the implementation of card sort method in social learning could increase student achievement.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode card sort. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode card sor pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, IPS, metode card sort
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Cahyo & Agus, N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Press.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas
Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT Rajawali Pers.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Sandra, P. 2012. Penguasaan Materi Tajwid dalam Pelajaran Baca Tulis Al-Quran (Btq) Melalui Metode Card Sort Pada Siswa Kelas Iv Sdn Wonorejo 02 Kecamatan Pringapus Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. STAIN Salatiga. Semarang. Dapat diakses pada URL:http://eprints. stainsalatiga.ac.id/567/. Diakses pada tanggal 6 Januari 2015.
Saondi, O & Aris, S. 2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.
Silberman & Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.
Supriatna, N. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.
Susanto, A. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Sutikno, M.S. 2014. Metode & Model-model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.
Suwarjo. 2008. Pembelajaran Kooperatif dalam Apresiasi Prosa Fiksi. Malang: Surya Pena Gemilang.
Tirtarahardja, U& S. L. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yani, A. 2012. Modul Pembelajaran IPS. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI.
Zaif, A. 2012. Metode Card Sort.(online)(http://zaifbio.wordpress.com/2012/08/15 /metode/card/sort/. Diakses pada 21 Juni 2014)
Zaini, H. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Refbacks
- There are currently no refbacks.