HUBUNGAN PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR MATEMETIKA

Astri Indriyani Astuti, Muncarno Muncarno, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract


The purpose of this research was to determine the extent of the relationship between the implementation of problem based learning strategy with learning result in mathematics. The research method that used was correlation with the application of problem based learning strategy were independent variables and mathematics learning outcomes as the dependent variable. Data collecting instrument of research using questionnaires and test items. Data were analyzed using quantitative analysis. The results showed that there was a significant correlation in the application of problem based learning strategy with mathematics learning result. This is indicated by the value of r xy = 0.416 which is in the category "Medium" and a significance level of 2.24. The coefficient determinant is 0.1730, the effective contribution given independent variable of 17.3056% and 82.694% is influenced by other variables.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan penerapan strategi problem based learning dengan hasil belajar matematika. Metode penelitian adalah penelitian korelasi, dengan penerapan strategi problem based learning sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Alat pengumpul data penelitian menggunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dalam penerapan strategi problem based learning dengan hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = 0,416 yang berada pada kategori Sedang dan taraf signifikansi sebesar 2,24. Besarnya koefisien determinan yaitu 0,1730, sumbangan efektif yang diberikan variabel bebas sebesar 17,3056 % dan 82,694 % lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Kata kunci: hasil belajar, matematika, problem based learning.


References


Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Pres.

Sani, R.A. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winataputra, U. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.