HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA

Mona Fatia Sari, Riyanto M. Taruna, Erni Mustakim

Abstract


The problems in this study were the low achievement of students social studies, the use of images media and learning activities were less supportive on the learning process in the fifth grade students of SD Negeri 1 Labuhan Ratu Bandarlampung Academic Year 2014/2015. This study aimed to determine the relationship between pictures media use and learning activities with learning achievement of IPS at the fifth grade students of SD Negeri 1 Labuhan Ratu Bandarlampung, Data analysis was using product moment correlation analysis. Results of the data analysis showed that (1) there was a positive relationship between picture media use and academic achievement of IPS with a correlation coefficient of 0.708, (2) there was a positive relationship between learning activity and academic achievement IPS with a correlation coefficient of 0.653, (3) there was a positive relationship between the use of images media and learning activities with learning achievement of IPS with the coefficient of 0.710.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa, penggunaan media gambar dan aktivitas belajar yang kurang mendukung proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu Kota Bandarlampung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media gambar dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu Kota Bandarlampung. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media gambar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,708, (2) terdapat hubungan yang positif antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,653, (3) terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media gambar dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi sebesar 0,710.

Kata kunci: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, prestasi belajar IPS.


References


Sadiman, Arief S. 2003. Media Pendidikan: Pengertian, Penembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Basuki, Farida. 2001 Media Pembelajaran. Bandung: Rosda

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rodaskarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.