STUDI DESKTIPTIF TENTANG PEMAHAMAN GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN REALIA, MODEL DAN GRAFIS OLEH GURU

Indah Permata Sari, Nazaruddin Wahab, Rochmiyati Rochmiyati

Abstract


The purpose of this research was to describe the level of fourth grade teachers understanding about understanding and using realia, model and graphic media learning for theme VII and subtheme I 2013 curriculum. This particular research was using descriptive research. The technique used for sampling was saturated sampling. This researchs sample used 15 teachers from 15 fourth grade elementary school teacher population in Bandar Lampung city which were still implementing 2013 curriculum. Data collecting technique was using test, observation, documentation and interview. Data analyzing technique used analysis of qualitative research. Based on the results of data analysis it showed that the teachers understanding of the realia media was not quite good. Teachers' understanding of the model media was not quite good. Teachers understanding of the graphic media quite good. The uses of high category instructional realia and graphic media, and the uses of learning model media was very low.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru kelas IV mengenai pemahaman dan penggunaan media pembelajaran realia, model dan grafis pada tema VII dan Subtema I. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sehingga, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 guru dari jumlah populasi 15 guru kelas IV SD di kota Bandarlampung yang masih mengimplementasikan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa pada pemahaman guru mengenai media realia kurang memahami. Pemahaman guru mengenai media model kurang memahami. Pemahaman guru mengenai media grafis cukup memahami. Penggunaan media pembelajaran realia dan grafis kategori tinggi, dan penggunaan media pembelajaran model sangat rendah.

Kata kunci: pemahaman, penggunaan, realia, model, grafis.


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Edisi VI. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Singarimbun, Masri. 2001. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.