HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The aim of this study was to determine the correlation between learning motivation and student learning outcomes. The types of study used was correlation research with ex post facto method. Population of this study were all student at the 4th grade of Elementary School 2 Labuhan Ratu. Sampling technique was saturated sampling. Thus, the samples in this study were 68 students of 4th grade. In elementary School 2 Labuhan Ratu which was the population study. The result showed that there was a positive correlation between learning motivation and learning outcomes of students with the correlation coefficient of r = 0,664. Beside, t count was greater than t table or 9,712 > 1,997, then H0 rejected and Ha which showed there was a positive correlation between learning motivation and learning outcomes of 4th grade Elementary School 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung academic year 2014/2015.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Sehingga, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 siswa kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu yang merupakan penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar r hitung = 0,664., Selain itu, lebih besar dari atau 9,712 > 1,997, maka H0 ditolak dan Ha yang berbunyi ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015 diterima.
Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, kelas IV SD
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandar, 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Ramaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.