PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PERMAINAN EDUKATIF

Atika Oktaviani, Rapani Rapani, Mugiadi Mugiadi

Abstract


The purpose of this research was to increase the activity and study result of student by implementing educative games method. Type of research was Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycles, with steps of the cycle were planning, acting, observing, and reflecting. The instrument of research data used were the observation sheet and questions test. The technique of data analysis was used qualitative analysis and quantitative analysis . The results of research showed that the implementation of educative games method in mathematics learning can increase the activity and study result of student.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode permainan edukatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanmetode permainan edukatif dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: metode permainan edukatif, aktivitas, dan hasil belajar.



References


Aisyah, N. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: AV Publisher.

Hamalik, Oe. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ihsan, F. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismail, A. 2009. Education Games: Panduan Praktis Permainan yang Menjadikan Anak Anda Cerdas, Kreatif dan Saleh. Yogyakarta: Pro-U Media.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sardiman, A. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarwiyah, T. 2012. Permainan Anak Betawi yang Menggunakan Nyanyian. Jakarta: Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Tim Redaksi. 2008. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pusta Karya.

Wardhani, I. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v2i10.8642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.