PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PERMAINAN EDUKATIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode permainan edukatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanmetode permainan edukatif dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: metode permainan edukatif, aktivitas, dan hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aisyah, N. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: AV Publisher.
Hamalik, Oe. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ihsan, F. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ismail, A. 2009. Education Games: Panduan Praktis Permainan yang Menjadikan Anak Anda Cerdas, Kreatif dan Saleh. Yogyakarta: Pro-U Media.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sardiman, A. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tarwiyah, T. 2012. Permainan Anak Betawi yang Menggunakan Nyanyian. Jakarta: Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan.
Tim Redaksi. 2008. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pusta Karya.
Wardhani, I. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v2i10.8642
Refbacks
- There are currently no refbacks.