PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Risa Novinda, Nazaruddin Wahab, Sugiman Sugiman

Abstract


This research aimed to investigate the effect of Student Teams Achievement Division learning model on social study learning achievement of fifth grade students of Primary School 2 East Pringsewu in the academic year of 2014/2015. This research used Pre Experimental Design with one group pretest posttest study design. Results of research and data analysis showed that the value of R square of 0.794 or 79.4%. According to the result and data analysis, it was concluded that there was significant application of learning models of Learning Student Teams Achievement Division in social studies learning on student achievement of fifth grade students of Primary School Negeri 2 East Pringsewu in the academic year 2014/2015.

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap prestasi belajar IPS kelas V SD Negeri 2 Pringsewu Timur tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Eksperimental Design dengan bentuk penelitian One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 0,794 atau 79,4%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division pada pembelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Pringsewu Timur Tahun Ajaran 2014/2015.

Kata kunci : STAD, prestasi belajar, IPS.


References


Djamarah, S. B. 2008. Prestasi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Cipta Karya.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Lie, A. 2002. Cooperatif Learning : Mempraktikan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UMM Press.

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja grafindo

Yulia. 2012. Penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe STAD terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Natar Kab. Lampung Selatan materi pokok pencemaran lingkungan semester genap tahun ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.