PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Iin Kurniati, Maman Surahman, Tambat Usman

Abstract

The problems of this research were the result of mathematic learning wich was not optimal and the effect of positive reinforcement wich have not known yet on students learning result. The purpose of this research was to determine whether there was an effect of the positive reinforcement application on the result of mathematics learning in grade V SDN I Labuhan Ratu academic year 2014/2015. The population in this research were all students of class V. This research sample were class VA as a control class and class VB as an experimental class selected with probability sampling techniques. This research method was quasi-experimental design with pretest-posttest control group design. The technique of collecting data used instruments tests on fraction multiplication and division. Analysis of research used the Independent Sample Test technique. The research conclusion showed that positive reinforcement influence the results of students' mathematics learning.

Masalah penelitian ini adalah hasil belajar matematika yang kurang optimal dan belum diketahuinya pengaruh positive reinforcement terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan positive reinforcement terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri I Labuhan Ratu tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Sampel penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik probability sampling. Metode penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data berupa instrumen tes pada materi perkalian dan pembagian pada pecahan. Analisis penelitian menggunakan teknik Independent Sample Tes. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa positive reinforcement mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: hasil belajar, matematika, positive reinforcement.

References

Asril, Zainal. 2012. Micro Teaching Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri.2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Faida, Ana Wahyu. 2012. Positive reinforcement terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri seKecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. [online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id. [1 November 2014]

Muslikah, Rahayu. 2011. Pengaruh Implementasi Positive Reinforcement dalam Kelas Terhadap Tingkah Laku Siswa Kelas XI di Man Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2011. Skripsi. Diterbitkan. Semarang: STAIN Salatiga. [online]. Tersedia: http:// eprints.stainsalatiga.ac.id. [1 November 2014]

Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi KBK. Jakarta: Prenada Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.