PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL

Juwita Kusuma Dewi, Suwarjo Suwarjo, Supriyadi Supriyadi

Abstract

The purpose of this research was to increase the study result of student by implementing project based learning model with audio visual media. Type of research was Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles, with steps of the cycle were planning, acting, observing, and reflecting. The instrument of research data using the observation sheet and questions test. The technique of data analysis used qualitative analysisand quantitative analysis. The results of research showed that implementation of project based learning model with audio visual media in the science learning can increase the study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media audio visual. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media audio visual dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, media audio visual, model pembelajaran berbasis proyek.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi,dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asra. 2007. Komputer dan Media Pembelajarandi SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamiyah, Nur & Muhammad Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Jupri. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA bagi Siswa Kelas III dengan Menggunakan Media Audio Visual (VCD Pembelajaran) SD Negeri Mangunsari 05 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Subagyo, Wisnu. 2011. Model Pembelajaran Project Based Learning. Dapat diakses pada URL: http:// wisnusubagyo.blogspot.com/2011/12/model-pembelajaranprject-based-learning.html. 14 Juni 2014.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Suwarjo. 2008. Pembelajaran Kooperatif dalam Apresiasi Prosa Fiksi. Malang: Surya Pena Gemilang.

Tim Penyusun. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 mengenai Stadar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Tim Penyusun. 2010. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Garfika.

Tim Penyusun. 2013. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yulistia, Annisa. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SD Negeri 1 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2013/2014. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.