PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Noviana Purnamasari, Alben Ambarita, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The aims of research were to improve activity and study result by implementation of quantum teaching model. The model of research was Classroom Action Research that consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of research data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that the implementation of quantum teaching model can improve the activity and study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model quantum teaching. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar siswa, model quantum teaching.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

De Poter, Bobbi, dkk. 2005. Quantun Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumantan. 2013. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Huda, Muhammad Khoirul. 2013. Penerapan Model Quantun Teaching untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siawa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan (skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Yuma Pustaka.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Taufik, Agus, dkk. 2009. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tim Penyusun. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Wahyudin, Dinn, dkk. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardhani, IGAK, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovasi Konteporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.