PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI ROTATING TRIO EXCHANGE

Aldona Meylina Manalu, Muncarno Muncarno, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this research was to increase students activity and learning result by applying cooperative learning model rotating trio exchange (RTE) type. The method of the research was classroom action research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative. The results of this research showed that students' learning completness reached 75%, the average activity of students in the first cycle (63,81%) and at the scand cycle into (79,95%) with 16,14% increased. The average student activity learning result in the first cycle was (67,5%) and at the scand cycle into (83,3) with 15,8 increased.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model cooperative learning tipe rotating trio exchange (RTE). Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai 75%, rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (63,81%) dan pada siklus II menjadi (79,95%) dengan peningkatan 16,14%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (67,5) dan pada siklus II menjadi (83,3) dengan peningkatan 15,8.

Kata kunci: aktivitas, cooperative learning, hasil belajar, RTE.


References

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Poerwanti. 2009. Asesmen Pembelajaran SD. Direktorat Jendral. Jakarta: Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media.

Silberman, Melvin. 2009. Active Learning 101 Startegi Pembelajaran. Yogyakarta: Yappendis.

Undang-undang no 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.