PENERAPAN MAPPING DALAM MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
The purpose of the research was to increase learning result by implementing mapping in inquiry learning model. The research method was classroom action research with each cycle step, were planning, implementation, observation, and reflection. Data collecting tools used observation, sheet and test. Data analysis technique used qualitative and quantitative analysis. Research result indicated that mapping implementation in inquiry learning model can increase Elementary School students learning result.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan mapping dalam model pembelajaran inkuiri. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mapping dalam model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, mapping, model pembelajaran inkuiri
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
BNSP. 2009. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map Untuk Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryosubroto B, 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Gramedia
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wardhani, I.G.A.K dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.