PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AIR DENGAN METODE PROBLEM SOLVING

Nur Aulia, Supriyadi Supriyadi, Ahmad Sudirman

Abstract

Science learning in class V A at Elementary School 03 Sulusuban was not running as what is expected. This research was aimed to increase the study result of student through AIR learning model with problem solving method. This research was Classroom Action Research (CAR) which was done in two cycles. Data collecting technique through non-test and test techniques by using observation sheet and questions test. Data analysis technique was using qualitative analysis and quantitative analysis. The results of research showed that the implementation of AIR learning model with problem solving method can increase the study result of science.

Pembelajaran IPA di kelas V A SD Negeri 03 Sulusuban belum berlangsung sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran AIR dengan metode problem solving. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui teknik nontes dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran AIR dengan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Kata kunci: hasil belajar, metode problem solving, model pembelajaran AIR.


References

BSNP. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

BSNP. 2005. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

BSNP. 2007. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendiknas.

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gustini, Deviana. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Problem Solving pada Siswa Kelas IV SD Negeri 24 Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Rini, Deasy Vivta. 2014. Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IVA SD Negeri 02 Tulung Balak Tahun Pelajaran 2013/2014 (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sandra, Lia. 2014. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Purworejo (Skripsi). Purworejo: Universitas Muhammadiyah.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardhani, IGAK, & Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.