PENERAPAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
Abstract
The aims of this research were to increase the activities and the result of study by implementation of cooperative learning make a match type. The research used Classroom Action Reserach. The instrument of data collection used observation sheet and test. Technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that implementation of cooperative learning make a match type can improve the activity and study result of student.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan model cooperative learning tipe make a match. Jenis penelitian ini menggunakan PTK. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, make a match
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hanifiyah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika ADITAMA.
Isjoni. 2011. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Kunandar. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Bandung: Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.
Sapriya, dkk. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI Press.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Suprijono. 2011. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2013. Model PembelajaranTerpadu. Jakarta: PT BumiAksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.