PENERAPAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS

Muhammad Asrul Faehani, Asmaul Khair, Nelly Astuti

Abstract


The aims of this research were to improve motivation and study result by implementation cooperative learning models team assisted individualization type. Type of research was classroom action research that consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of research data collection used observation sheet and question test. The technique of data analyze used qualitative and quantitative analyze. The result of research showed that implementation of cooperative learning models team assisted individualization type able to increase the motivation and study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan menerapkan model cooperative learning tipe team assisted individualization. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualizaion dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: motivasi, hasil belajar siswa, model cooperative learning tipe team assisted individualization.


References


Arikunto, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Depdiknas. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Jakarta: Dikti.

Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. PT. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT. Rajagrafindo Pustaka.

Slavin. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Tim Penyusun. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Uno, B. Hamzah. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wardhani, Igak. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.