PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE INKUIRI DENGAN MEDIA GRAFIS

Umi Yuli Astuti, Siswantoro Siswantoro, Siti Rachmah Sofiani

Abstract


The purpose of this research is to increase the activity and study result of student by implementing inquiry method and media graphics. This type of research is a classroom action research which consists of the twocycles. Data were obtained through non-test and test techniques using the observation sheet and questions test Data were analyzed using qualitative and quantitative. In the first cycle average value of student activity was 56.88 with a percentage of 40.63% and increase 18.44 in the second cycle into 75.32 with the percentage of 81.25%. The average value of student learning outcomes in the first cycle is 63.06 and in the second cycle become to 77.31 increase 14,25.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode inkuri dengan media grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 56,88 dengan persentase 40,63% meningkatan sebesar 18,44 pada siklus II menjadi 75,32 dengan persentase 81,25%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63,06 pada siklus II menjadi 77,31 meningkat 14,25.

Kata kunci: metode inkuiri, media grafis, aktivitas siswa, hasil belajar.



References


Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Gulo, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Press.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief. S, dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sapriya, 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sapriya, dkk. 2007. Pengembangan Pendidikan IPS. Bandung: UPI PRESS.

Supriatna, Nana, dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Wardhani, IGAK, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.