PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA
Abstract
This research aimed to determine the effect of cooperative learning model Numbered Head Together type of social studies learning result. This study was a quasi-experimental design with pre-test post-test control group design. Research subjects were 66 students divided into two classes. The main instrument used was a test. Data were analyzed using Independent Sample Test. Based on these data analyzed and hypothesis testing results, it can be concluded that cooperative learning model Numbered Head Together type affect the social studies learning result in the fifth grade students of SD Negeri 3 Labuhan Ratu Bandarlampung 2014/2015 school year.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Subjek penelitian sebanyak 66 siswa yang terbagi atas 2 kelas. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample Test. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis maka dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 3 Labuhan Ratu Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: hasil belajar IPS, model pembelajaran,numbered head together
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Jakarta: Penerbit Gava Media.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung: PT Refika Aditama.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: PT Grasindo.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.