HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS

Ysiyar Jayantri, Cut Rohani, Loliyana Loliyana

Abstract


The problem in this study was the low achievement of social studies subject of the student, family and school environments that lack support in the learning process of students of class V SD Negeri 1 Kali Balau Kencana Bandarlampung. This study aimed to determine the correlation between the family and school environment and social studies learning achievement of students of class V SD Negeri 1 Kali Balau Kencana Bandarlampung, and the data was analyzed using Product Moment Correlation formula. The results of data analysis showed that (1) there was a significant correlation between family environment and social studies learning achievement with correlation coefficient of 0.640, (2) there was a significant correlation between the school environment and social studies learning achievement with correlation coefficient of 0.837, (3) there was a significant correlation between family environment and school environment andsocial studies learning achievement with coefficient of 0.897.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang kurang mendukungnya proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kali Balau Kencana Kota Bandarlampung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Kali Balau Kencana Kota Bandarlampung, serta analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,640, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,837, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi sebesar 0,897.

Kata kunci : lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, prestasi belajar IPS.


References


Hasbullah. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidiksn. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto, M. Ngalim. MP. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.