HUBUNGAN PERANAN GURU SEKOLAH DASAR DENGAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA

Dedi Suparman, Rochmiyati Rochmiyati, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

This research aims at finding out the correlation between the role of teachers towards the social responsibility attitude of elementary students throughout the district of Labuhan Ratu. The sample in this research was taken using purposive sampling where it was determined under the consideration of time, effort, and budget. The data were gathered using likert scale questionnaire. A correlational test was performed to analyze the data. The result revealed that the pearson correlation coefficient was 0.954 with t-table 0.278 under 100 respondents. It can be concluded that there is a correlation between teachers' role and students' social responsibility in elementary schools throughout the district of Labuhan Ratu

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan peranan guru terhadap sikap tanggung jawab sosial siswa di sekolah dasar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling, karena sampel dipilih berdasarkan berbagai pertimbangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang dihitung dengan skala likert. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Korelasi. Hasil penelitian ini adalah diperoleh Pearson Correlation sebesar 0,954 dan nilai ttabel sebesar 0,278 dengan N =100. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan peranan guru sekolah dasar terhadap sikap tanggung jawab sosial siswa sekolah dasar se-Kecamatan Labuhan Ratu.

Kata kunci : peranan guru, sikap tanggung jawab sosial, siswa sekolah dasar.

References

Amin, Samsul. 2011.Manusia dan Tanggung Jawab. (On line) (http://samsulamin.blogspot.com//2012/03/manusia-dan-tanggung jawab.html?m=1#comment-from. Diakses pada tanggal 5 Maret 2015 10.00 WIB.)

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VI). Jakarta : Rineka Cipta.

Republik Indonesia, 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Manajemen Pendidikan. Jakarta: Depdiknas RI.

Republik Indonesia, 2005. Undang-undang tentang Guru dan Dosen. Jakarta:Depdiknas RI

Sardiman, 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali pers.

Soemantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Jakarta: Rosda Karya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wong, Donna L. 2009. Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.