PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL ARTIKULASI DAN POWER POINT
Abstract
Social learning in class IVA at Elementary School 08 South Metro is not optimal, activities and study result of students have not been as expected. The purpose of this research is to increase the activity and study result of student by implementing articulation model and power point. This research is a Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. Step of the cycle is planning, acting, observing, and reflecting. Data were obtained through non-test and test techniques using the observation sheet and questions test. Data were analyzed using qualitative analysis and quantitative analysis. The results of the research showed that the implementation of articulation model and power point in the social learning can increase the activity and study result of student.
Pembelajaran IPS di kelas IVA SD Negeri 08 Metro Selatan belum optimal, aktivitas dan hasil belajar siswa belum sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model artikulasi dan media power point. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model artikulasi dan media power point dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas, artikulasi, hasil belajar, power point.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamiyah, N. & Jauhar, M.. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mustain. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi melalui Model Pembelajaran Artikulasi pada Siswa Kls X Madrasah Aliyah (MA) Raudhatul Mubtadiin Kundur Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti (Skripsi). Riau. Pekanbaru: Universitas Islam
Natsir, Supardi. 2012. Model Pembelajaran Artikulasi. http://supardi natsir.blogspot.com/2012/07/model-pembelajaran-artikulasi.html. Diterbitkan pada 21 Juli.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.
Suryanto, M. H. 2013. Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IVA SD Negeri 1 Sukaraja Tiga Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013(Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tim Penyusun. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BNSP.
Tim Penyusun. 2009. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika. Jakarta
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Uno, B. Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.