PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR

Tri Mei Adi Saputra, Alben Ambarita, Yulina Hamdan

Abstract


The purpose of this study was to determine the influence of learning strategies based on Multiple Intelligences towards learning outcomes. The research method is an experiment research. Data was collected by using a questionnaire study, observation and test questions. Data were analyzed using quantitative analysis. Results of research suggests that there are significant influence on the application of multiple intelligences learning strategy based on learning outcomes in the affective, cognitive, and learning outcomes as a whole.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar. Metode penelitian adalah penelitian eksperimen. Alat pengumpul data penelitian menggunakan angket /kueisioner, lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar pada ranah afektif, kognitif, dan hasil belajar secara keseluruhan.

Kata kunci: hasil belajar, multiple intelligences, strategi pembelajaran



References


Chatib, Munif. 2009. Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Kaifa.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyo, Justinus Reza & Yeny Andriani. 2009. Multiply Your Multiple Intelligences. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Runtuwene, Laskito. 2012. Strategi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk untuk Pencapaian Kompetensi dalam Pembelajaran. Tomohon: Disdikpora.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. 2007. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tim Penyusun. 2013 Lampiran Permendikbud No 67 Tahun 2013. Jakarta: Kemdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.